" Nisa Rental Mobil Sukabumi - Rental mobil terpercaya di Sukabumi

Rafting-Arung Jeram Sungai Citatih Sukabumi

0 komentar


Sungai Citatih Sukabumi
Rafting di Sungai Citatih Sukabumi, lokasinya berada di selatan Kabupaten Sukabumi (Jawa Barat). Lebih tepatnya ada di Jalan Raya Pelabuhan Ratu. Akses termudah untuk menuju ke sana bisa melalui Cibadak. Dari arah Jakarta, kita bisa belok kanan ke arah Pelabuhan Ratu. Sebaliknya, dari arah Sukabumi kota, kita bisa belok kiri ke arah Pelabuhan Ratu. Ikuti jalan saja sambil menikmati pemandangan alam di sisi kiri dan kanan jalan. Bagi Anda yang gemar fotografi, siapkan kamera Anda untuk menangkap pemandangan landscape yang cukup menggoda untuk diabadikan.
Tidak seperti Sungai Citarik yang tidak bisa dilalui dengan bus besar (Seat 44, 47, 54, 57 dan 59), Sungai Citatih bisa dilalui dengan bus besar. Hanya saja ada retribusi daerah (sekitar 5 ribu rupiah / bus) untuk menuju ke sana. Seleksi mobil besar dan mobil kecil berupa tugu yang mana untuk bus besar mesti memutari tugu dengan cara belok ke kiri. Di sinilah retribusi bus besar dikenakan.
Track Distance
Track Sungai Citatih memiliki total panjang 22 km. Dari 22 km ini dibagi lagi menjadi dua yakni 13 km pertama sebagai Adventure Trip, dan 9 km sisanya sebagai Family Trip.
13 km memiliki sifat pull and down dimana di awal trip bersifat datar, di tengah trip banyak jeram-jeram yang menantang, dan menjelang finish kembali datar. Total ada sekitar 20-an jeram yang akan memacu adrenalin Anda. River Guide di perahu biasanya akan menjelaskan nama-nama jeram yang dilalui beserta sejarahnya. Ada Jeram S, Jeram Kopi, dan terakhir ada Jeram Kerinduan.
9 km sesudah Finish 13 km bersifat lebih datar. Ini cocok untuk family maupun pemula. Tapi jangan salah juga, pada saat debit air besar, 9 km ini pun berubah status dari Family Trip menjadi Adventure Trip karena besarnya arus air.
Mengapa Memilih Sungai Citatih?
Ada beberapa alasan kenapa Sungai Citatih menjadi favorit para pecinta arung jeram / rafting. Padahal notabene orang lebih mengenal Sungai Citarik ketimbang. Di antaranya adalah:
1. Memiliki lebar dan kedalaman yang lebih lebar dan lebih dalam semisal Sungai Citarik
Karena lebih dalam dan lebih lebar inilah Sungai Citatih dapat diarungi sepanjang tahun. Baik dalam musim penghujan maupun musim kemarau. Saat musim penghujan, daya tampung yang banyak sehingga sungai tetap dapat diarungi. Meskipun saat kondisi air terlalu besar, 13 km terlalu berbahaya untuk diarungi. Biasanya akan dialihkan ke trip 9 km. Sebaliknya, saat musim kemarau, Sungai Citatih tetap masih ada airnya kok. Meski membuat perjalanan menjadi sedikit lebih lama dan jumlah orang di perahu tidak bisa sebanyak biasanya.
Setiap perahu dalam keadaan normal akan diisi 4-5 orang. Dalam keadaan air besar, bisa diisi bahkan hingga 6 orang. Namun dalam keadaan air surut, biasanya maksimal adalah 4 orang. Postur tubuh juga menjadi pertimbanan jumlah orang per-perahunya.
2. Adanya PLTA di daerah Ubrug
PLTA ini membuat debit air relatif lebih terkontrol. Besarnya aliran air cenderung lebih stabil karena penggunaan PLTA ini.
3. Dapat ditempuh dengan bus besar
Bagi Anda yang ingin kesana dalam rombongan yang menggunakan bus besar, tentu akan sangat merepotkan jika aksesnya tidak dapat dilalui bus besar. Karena meski berganti bus kecil atau angkutan kota (angkot) carteran. Ini biasanya akan menyebabkan penambahan biaya.
4. Pertimbangan Harga
Jika dicompare dengan sungai tetangganya yakni Sungai Citarik, harga track 9 km dan 13 km (di Sungai Citarik 12 km) di Sungai Citatih sedikit lebih murah. Lumayan sebagai pengurang biaya. Apalagi jika jumlah pesertanya banyak.
5. Pertimbangan Track
Di Sungai Citatih maksimum track adalah 22 km. Sedangkan di Sungai Citarik “hanya” 12 km. Kalau 13 km di Sungai Citatih dan 12 km di Sungai Citarik sih tidak terlalu signifikan perbedaannya. Track 22 km cocok bagi Anda yang ingin memacu adrenaline yang lebih lama. Sekitar 5 jam di Sungai!

     ARUNG JERAM CITARIK ARUS LIAR

                                     

Trans Outbound adalah penyedia layanan Rafting/Arung Jeram di sungai Citarik dan disungai Citatih dimana sungai citarik sendiri adalah sungai yang berada didaerah sukabumi dengan pemandangan alam yang masih sangat asri dan grade jeram yang cukup menantang. Citatih pun tidak kalah MENARIK dengan Citarik dengan JERAM-JERAM nya yang SERU dan MENANTANG. tingkat kesulitan jeram yang mencapai Grade 3, sungai citarik cukup menegangkan bagi anda yang ingin memacu adrenalin di wisata air.
Rafting / Arung Jeram bukan permainan yang berbahaya melainkan hanya untuk memacu adrenalin saja, permainan Rafting / Arung Jeram ini bersertifikat dan dipandu dengan GUIDE-GUIDE yang profesional / sudah berpengalaman dalam permainan ini.
Rafting arungjeram sendiri biasa dipadukan dengan beberapa kegiatan, seperti:OutboundTrainingPaintball dan HighropeFlyinngfox yang biasa digunakan oleh instansi-istansi / perusahaan untuk meningkatkan kualitas karyawan-karyawannya. rafting Arung jeramsendiri bisa dimainkan, perorangan ataupun kelompok. yang pasti dengan dipadukan atau tidaknya kegiatan ini, tidak akan mengurangi kenikmatan berarung jeram, dan jangan sampai melewatkanPROMO-PROMO nya yang diadakan setiap tahun nya.


Sumber : Admin

IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. RentalMobilSukabumi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger