" Nisa Rental Mobil Sukabumi - Rental mobil terpercaya di Sukabumi

Tempat Wisata dan Kuliner Kota Sukabumi Yang sering dikunjungi

1komentar

     Sukabumi memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk anda jadikan sebagai destinasi liburan anda. Sukabumi merupakan kabupaten terluas di Jawa Barat yang 40% wilayahnya berbatasan dengan lautan dan 60% merupakan daratan. Berikut ini tempat wisata di Sukabumi yang bisa dikunjungi.


Taman Rekreasi Selabintana




Kalau ingin menikmati suasana alam di Sukabumi namun tidak mau jauh-jauh dari kota, ada Taman Rekreasi Selabintana yang bisa kamu kunjungi. Lokasi taman ini hanya sekitar 15 menit perjalanan menggunakan kendaraan dari pusat kota Sukabumi. Tidak jauh, kan?

Di taman wisata ini terdapat hamparan rumput luas yang bisa kamu gunakan untuk guling-guling atau menggelar tikar bersama dengan keluarga atau teman-teman komunitas. Kesejukan sangat terasa di taman wisata ini karna banyak sekali pohon-pohon pinus yang tumbuh di lingkungan taman untuk menambah pesona taman.

Wisata Taman Strawberry - Cisaat Sukabumi

Taman Strawberry Sukabumi adalah merupakan tempat rekreasi dan wisata yang terletak di daerah Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Taman Strawberry Sukabumi merupakan tempat wisata dan rekreasi keluarga yang sangat menyenangkan
Selain menikmati Buah Strawberry Segar yang dipetik langsung dari kebun, para pengunjung dapat menikmati aneka hidangan yang tersedia, menu andalan di Taman Strawberry Sukabumi adalah nasi liwet. Beragam lauk yang tersaji dari mulai Ikan nila, Ikan masm, Gurame, Bawal, Ayam. Menu yang tersedia pun bervariatif, dari paket rame yang disajikan untuk 4-5 orang ada juga Paket Sendiri.
Selain tersedia Nasi liwet dan aneka lauknya, di Taman Strawberry Sukabumi tersedia pula makanan makanan lain,, seperti Western Food, Japanese Food, dan Dessert. untuk minuman andalan nya adalah Juice Strawberry yang buahnya dipetik langsung dari kebun, sehingga rasa strawberrynya benar-benar terasa.
Sambil menunggu hidangan siap para pengunjung bisa menikmati suasana alam yang nyaman sambil memancing. tidak perlu repot repot membawa pancingan karena disini disediakan Sewa pancingan dan umpan.. Memancing ikan sangat nyaman dengan pondok-pondok bambu yang berada disekitar kolam pemancingan. Menjadikan Taman Strawberry Sukabumi Merupakan salah satu pilihan tempat rekreasi yang menyenangkan di Sukabumi











    Sesuai namanya, rumah makan berkapasitas lebih dari 300 pengunjung ini punya beberapa kebun strawberry yang terbagi atas 2 green house dan 3 kebun terbuka. Di sanalah para pengunjung bisa memetik buah strawberry segar sepuasnya dengan tarif Rp 40 ribu per kilogram. Selain strawberry, ternyata ada juga lahan yang ditanami dengan buah blackberry yang tak kalah manis.
    Tentu saja dengan banyaknya kedua jenis buah ini membuat daftar menu di rumah makan ini juga dihiasi dengan menu berbahan strawberry dan blackberry. Misalnya Strawberry Pochette yang menyajikan pancake lebar disajikan terlipat. Di bagian dalamnya, terdapat irisan buah strawberry segar berpadu dengan selai strawberry. Sementara di sekelilingnya juga ditaburi buah strawberry segar, taburan gula bubuk, dan es krim vanilla dan strawberry. Hm.. yummy. Kelezatanna bisa Anda nikmati dengan harga Rp 15 ribu saja.
    Sementara untuk menu utamanya, Sherry merekomendasikan sajian Nila Rica. Sajian ini bisa disantap dalam porsi tunggal, maupun beramai-ramai. Untuk paket single, menu ini menyajikan seekor ikan nila goreng yang ‘ditimbun’ dengan bumbu rica yang tebal berwarna kemerahan. Serpihan cabai merah dan cabai rawit utuh bertebaran menandakan sajian ini cocok bagi penyuka pedas. Kelezatannya juga masih dilengkapi dengan tempe dan tahu goreng, plus lalapan. Sungguh nikmat dan mengenyangkan.
    Untuk penutupnya, cobalah blackberry juice yang kental. Minuman ini menyajikan buah blackberry segar nan manis yang diblender hingga halus. Selain tersaji segar, blackberry juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Jus nikmat ini bisa dinikmati dengan harga Rp 13 ribu saja.
     Masih banyak sajian lain yang bisa dipesan, baik porsi single maupun berkelompok. Misalnya aneka menu ayam, ikan mas, sop ikan, sop iga, nasi liwet, hingga olahan seafood.
    Rumah makan ini juga dilengkapi pemancingan, dan tengah mengembangkan penginapan untuk memanjakan pelanggannya. Anda bisa berkunjung ke restoran taman ini mulai pukul 08.00 – 20.00.

Taman Strawberry
Jl. Surya Kencana No. 10, Kadudampit
Telp (0266) 6251776 – 6251175

Kemping Bintang 5 di Tanakita - Situgunung Sukabumi




Mau kemping tapi nggak pakai repot,  Cobalah untuk berkemah di Tanakita 5 Stars Camp, Situ Gunung- Sukabumi. Kita tidak perlu Membawa tenda dengan segala kerepotannya, cukup membawa diri karena semua fasilitas sudah disediakan di tempat ini. Mulai dari tenda, makanan, dan toilet. Termasuk atraksi wisata seperti outbound, tubing, mengunjungi danau, dan Air Terjun Curug Sawer.
Tanakita 5 Stars Camp yang dikelola oleh Rakata Adeventure ini dapat ditempuh dalam 3 jam perjalanan dari Jakarta. Patokannya, dari Polres Cisaat belok kiri, setelah itu kurang lebih 1/2 jam saja kita sudah sampai di lokasi.
Suasana pegunungan sudah terasa saat memasuki kawasan ini yang lokasi bersebalahan dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kabut dan hawa dingin sudah menjadi ciri khas suasana alam di sini. Namun, jangan khawatir di dalam tenda sudah disediakan spring bed yang nyaman, lengkap dengan sleeping bag untuk mengusir dingin.
Bukan hanya itu, segelas teh hangat sudah tersaji saat kita datang ke tempat ini, ada juga kopi, bajigur, dan makanan ringan khas seperti combro dan pisang goreng yang masih panas atau resh from the oven. Untuk makanan berat disajikan juga makanan khas Sunda seperti sayur asem, teri kacang, ikan bakar, dan menu spesial nasi bancakan. Nasi bancakan ini biasanya dimakan bersama yang disajikan dengan daun pisang berisi nasi liwet, ikan asin, empal, sambel, dan aneka makanan khas Sunda lainnya.
Pagi hari kita bisa berwisata ke Danau Situ Gunung yang dapat ditempuh dalam waktu 15 menit berjalan kaki atau bisa juga mengunjungi Air Terjun Curug Sawer yang ditempuh selama 40 menit. Ada juga berbagai outbound dari meniti tali sampai flying fox. Dan, yang paling seru adalah Tubing di Sungai Cigunung.
Tubing adalah atraksi menggunakan ban dalam, seperti arung jeram tapi sendirian. Kita dilepas menyusuri sungai kecil Cigunung yang berdiameter antara 5-7 meter.  Atraksi berlangsung selama satu jam dengan jeram mulai dari yang mudah hingga membuat ban terbalik. Namun aman karena kita menggunakan helm dan foot protector.
Rasanya badan dan fikiran terasa fresh setelah kemping selama 2 hari 2 malam di Tanakita, rasa penat langsung hilang. Silahkan coba!


Apa aja sih fasilitasnya? Tenda dengan kapasitas hingga 4 orang, setiap tenda dilengkapi dengan kasur dan bantal, lampu, dan colokan listrik. Tendanya juga anti genangan, karena setiap tenda dialasi dengan palet plastik, jadi tidak langsung bersentuhan dengan tanah dan rumput. Untuk sanitasi, camping ground dilengkapi dengan kamar mandi dan toilet, berair hangat, dan harum sepanjang hari. Fasilitas ini buat saya penting banget! Jam 01.00 dini hari pengen pipis, asik banget ‘kan kalau bisa pipis di toilet duduk dengan air bersih tersedia?



Makannya gimana? Tenaaaang, harga yang kita bayarkan sudah termasuk 3x makan prasmanan (dinner, breakfast, lunch), 2x snack. Kopi, teh, air mineral, air panas tersedia 24 jam non-stop. Mau tambahan lunch juga bisa, tinggal nambah IDR 40.000/orang. Khusus pada makan malam, kita akan dihibur oleh semacamhome-band, gitaran nyanyi-nyanyi sambil curhat lewat lagu, sepuasnyaaaaa….


Berapa sih harga yang harus kita bayar untuk satu malam camping manja di Tanakita? Cukup dengan IDR 550.000/ orang/malam saja (harga Februari 2015, untuk update harga silakan cek langsung ke Tanakita ya…) Harga tersebut sudah termasuk juga guide untuk 1x kunjungan ke Curug Sawer dan 1x games flying fox.Flying fox-nya lumayan seru, ga kaya flying fox biasa yang tinggal naik tangga, berdiri di platform trus pasang alat lalu meluncur, kita harus meniti beberapa bilah kayu terlebih dahulu untuk menuju platform peluncuran.Aktifitas lain yang bisa dilakuin di sekitaran Tanakita apa aja? Trekking ke Curug Sawer & Curug Cimanaracun, lihat sunrise di Situ Gunung, jalan-jalan di seputaran Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, atau nyobain river-tubing di Sungai Cigunung?

Situ Gunung - Cisaat


Situ Gunung berada di Kecamatan Kadudampit, Sukabumi. Masih jadi satu bagian dengan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango. Yang menarik dari tempat ini adalah adanya sebuah danau bening yang di sisi-sisinya bisa kamu jadikan tempat asik untuk ngadem. Saat sampai lokasi kamu akan disambut dengan kicau burung dan harum pohon pinus yang sungguh mendamaikan. Letaknya yang berada di ketinggian 1000 mdpl, membuat Situ Gunung jadi pilihan tepat untuk melakukan kegiatan alam seperti kemah atau bersantai. Oh ya, ada juga sampan yang bisa kamu gunakan untuk mengelilingi danau.

Tempat Wisata Curug Sawer - Situgunung




Dari namanya tempat wisata satu ini memang sangat unik. Dan nama tempat wisata Curug Sawer muncul karena besarnya percikan curug dari pusat jatuhnya air terjun. Oleh karena itu, meskipun anda berada jauh dari air terjun tersebut, tubuh anda akan tetap basah oleh percikan air tersebut. Di tempat wisata ini pun anda dapat melihat beberapa anak sungai dan biasanya digunakan untuk mandi bagi anda yang tahan terhadap dingin, karena memang kawasan Curug Sawer ini berada pada ketinggian antara 900-1300 mdpl.
Pada awalnya memang tempat wisata Curug Sawer ini merupakan tempat yang sepi dengan pengunjung, karena tempatnya yang tersembunyi dan belum terawat, juga masyarakat sekitar menganggapnya dengan kawasan yang angker. Namun, setelah tempat wisata ini mendapatkan perhatian dan mulai dibenahi, banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Dan saat ini pun tempat wisata Curug Sawer tak pernah sepi dengan pengunjung. Bahkan banyak orang yang menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk syuting film atau iklan produk tertentu.

Obyek Wisata Air panas Cikundul




Obyek wisata pemandian air panas Cikundul Kota Sukabumi, mulai awal tahun 2009, dilengkapi fasilitas olahraga arung jeram, memanfaatkan sungai Cimandiri di lokasi tersebut.

Dibukanya fasilitas olahraga tersebut, sebagai salah satu upaya, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke obyek wisata milik Pemerintah Kota Sukabumi tersebut.

Adapun faktor yang memotivasi pihak Kantor Pariwisata dan Olahraga Kota Sukabumi, untuk membuka fasilitas olahraga tersebut, karena arus sungai Cimandiri di lokasi obyek wisata tersebut, tidak jauh berbeda dengan objek wisata olahraga di daerah lainnya, yakni karakter arusnya memiliki tantangan yang cukup tinggi.
Sedangkan luas sungai yang akan dimanfaatkan olahraga tersebut, sepanjang 4 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1,2 jam, yakni start dari objek wisata air panas Cikundul, dan finish di wilayah Kibitay.

Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan program tersebut, pihak Kantor Pariwisata dan Olahraga masih memiliki kendala, khususnya dalam menyediakan sarana Perahu Karet. Dijelaskannya, Perahu Karet yang telah tersedia saat ini baru 4 unit. Itupun hasil menyewa dari pihak lain. Dijelaskan pula, untuk memiliki satu unit Perahu Karet, pihak Kantor Pariwisata dan Olahraga, harus memiliki dana sebesar 21 juta rupiah. Diharapkannya, pada tahun 2009, pihak Kantor Pariwisata dan Olahraga, bisa memiliki Perahu-Perahu Karet tersebut.

Selain itu, pihak Kantor Pariwisata dan Olahraga, juga akan melakukan pengembangan dan perluasan obyek wisata air panas Cikundul, dengan menambah fasilitas, seperti water boom, hotel berbintang, dan arena outbond. Guna mewujudkan rencana tersebut, pihak Kantor Pariwisata dan Olahraga, membutuhkan dana yang cukup besar, yakni sekitar 5,9 milyar. Sedangkan untuk memperluas obyek wisata tersebut, pihak Kantor Pariwisata dan Olahraga telah membeli lahan seluas 4,3 hektar, melalui Bagian Pengelolaan Aset Daerah Kota Sukabumi, bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat.

Wisata Curug Cibeureum - Sukabumi




Salah satu curug atau air terjun yang ada di Sukabumi ini sangat tinggi, yaitu 54 meter atau kira – kira setara dengan gedung 10 lantai. Bayangin air jatuh dari atap gedung berlantai 10, nah seperti itulah Curug CibeureumCurug Cibeureum terletak di kawasan wisata alam Pondok Halimun yang juga masih berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gedung Gede Pangarango (TNGGP). Curug Cibeureumberarti air terjun berwarna merah (beureum = merah dalam bahasa sunda). Pasti orang yang suka hal – hal gaib langsung berspekulasi J. Ternyata warna merah ini dihasilkan karena banyak ganggang merah yang hidup disana, sehingga membuat air terlihat berwarna merah.

Untuk masuk kedalam kawasan wisaya ini, pengunjung diharuskan membeli tiket seharga Rp2.000 ketika masuk kawasan perkebunan teh, dan Rp 1.000 ketika masuk kawasan Pondok Halimun. Untuk mencapai lokasi curug, kita harus berjalan sejauh 3.5 Km atau kurang lebih 2 jam. Medan yang akan dilalui juga cukup berat dan melelahkan. Selain itu hati – hati, disini juga banyak pacet, baik pacet darat ataupun pacet air.  Curug Cibeureum ini dibuka dari jam 08.00 hingga pukul 14.00. Jika cuaca sedang buruk dan dirasa membahayakan, kunjungan dapat ditolak oleh pengelola. Di sekitar kawasan ini juga terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman hangat, seperti mie rebus, kopi, bandrek, bajigur, jagung bakar dsb.   

Akses Menuju Curug Cibeureum


Untuk bisa menuju Curug Cibeureum yang berada di kawasan wisata Pondok Halimun, kita bisa menggunakan kendaraan umum dari kota Sukabumi menuju kawasan Selabintana. Kita bisa menggunakan angkutan kota warna putih (No 14), turun di jalan Siliwangi, kemudian naik angkot warna merah jurusan Salabintana (No 10). Kemudian kita bisa berjalan kaki melalui jalan setapak sejauh 2 Km atau selama 1 jam menuju gerbang Pondok Halimun, lumayan L. Terkadang ada angkot yang langsung masuk ke kawasan Pondok Halimun ya tapi ongkosnya pun 2x lipat. Atau kita bisa menggunakan kendaraan pribadi langsung menuju Pondok Halimun.  

Penginapan di Curug Cibeureum


Buat kamu yang mau bermalam di dekat kawasan TNGGP tapi tidak mau berkemah ? Kawasan wisata Selabintana terdapat beberapa hotel dan penginapan yang bisa kamu sewa. Hotel – hotel dan penginapan disini tidak kalah bagus dan nyaman disbanding tempat wisata terkenal lainya. Nah buat kamu yang mau berkemah terdapat 4 lokasi bumi perkemahan disini. Lokasi Pertama itu adanya di gerbang TNGGP Resort Selabintana, cocok untuk keluarga yang ingin berkemah . Lokasi kedua berada 500 meter dari gerbang TNGGP. sedangkan lokasi ketiga dan keempat berada 800 meter dari gerbang TNGGP dan sangat dekat dengan hutan rimba. Lokasi berkemah 2,3 dan 4 untuk kegiatan yang lebih besar. Bumi perkemahan disini sudah lengkap dengan fasilitas gazebo, MCK, mushola & aula.


Tips wisata Curug Cibeurueum

  • Gunakan pakaian yang nyaman untuk perjalanan anda menuju lokasi Curug Cibeureum
  • Gunakan pakaian yang menunjang untuk naik gunung seperti sepatu sepatu boot, jaket / pakaian lengan panjang, handuk dan tas ransel Bawalah perbekalan seperti makanan dan minuman untuk diperjalanan
  • Gunakan pakaian yang tertutup seperti sepatu, kaos kaki, lengan panjang yang rapat, karena pacet bisamasuk ke dalam pakaian dan menghisap darah kita, apalagi jika pakaian kita terbuka.
  • Jika pacet menghisap darah kita jangan langsung dicabut, tapi sentil perlahan agar pacet terlepas.
  • Bawalah tembakau, garam atau minyak angin untuk mengusir pacet yang sedang menghisap darah kita.

                                                             Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Pantai Pelabuhan Ratu

Pondok Halimun ( PH )





Wisata Sukabumi cukup terkenal dengan wisata Selabintana. Jika Selabintana merupakan arena hijau yang sudah terawat, maka Pondok Halimun menawarkan bumi perkemahan yang alami dan berdekatan dengan hutan. Pondok Halimun atau terkenal disebut PH berjarak kurang lebih 12 Km ke arah utara kota Sukabumi atau berkisar 160 KM dari Jakarta melalui tol Jagorawi, keluar pintu tol Ciawi menuju Sukabumi.
Dari Kota Sukabumi melalui Jalan Surya Kencana, terus arah Jalan Selabintana, sebelum hotel Selabintana, ada plang penunjuk ke arah kiri, memasuki Jalan Wanasari. Dari sini berkisar 2 KM dengan terlebih dulu membayar uang tanda masuk Rp. 2.000,- / orang. Butuh konsentrasi yang tinggi dan berhati - hati, karena jalannya sempit dan harus bersabar bergantian bila ada kendaraan dari depan, jalannya kurang bagus berlubang dan menanjak cukup tajam, saran kami gunakan kendaraan yang berchasis tinggi, jangan mobil sedan.
Obyek wisata Pondok Halimun, berlokasi di perbatasan antara 2 desa,yaitu Desa Perbawati dan Desa Sudajaya, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, sebelum sampai pusatnya Pondok Halimun (area parkir, warung makan, dll). Dalam perjalanan menuju PH, Anda dapat menikmati panorama alam pegunungan dengan hamparan perkebunan teh yang begitu luas, yang tumbuh di dataran tinggi dan lembah - lembah yang curam, milik PT. Perkebunan Nasional VIII Goalpara Kabupaten Sukabumi.
Hentikan sejenak kendaraan Anda atau mampir dibeberapa warung kecil yang ada di perkebunan teh ini, sambil menikmati udara sejuk dan segar, Anda dapat mencicipi jagung bakar dan minum kopi/teh manis atau softdrink yang ada. Di ketinggian 1.100 dpl (diatas permukaan air laut) Anda dapat menikmati panorama dengan sejuta keindahan yang menakjubkan ke bawah karena Anda sudah berada di kaki bukit Gunung Gede - Pangrango yang begitu terasa dekat. Selanjutnya sekitar 0,5 KM menuju pusat Pondok Halimun, akan dikenakan Rp. 2.000,- untuk parkir mobil.
Pondok Halimun terkenal dengan Buper atau Bumi Perkemahannya. Banyak sekali orang-orang secara berkelompok mengadakan kemah di alam terbuka. Mereka datang dari Sukabumi, Jakarta dan daerah lain. So, PH sudah agak rame karena jaraknya nggak terlalu jauh dari Kota dan pemandangannya yang masih hijau. Ada beberapa tempat yang digunakan untuk berkemah, antara lain Perkemahan Elang Jawa, yang namanya di ambil dari nama burung elang Jawa. Elang Jawa tergolong sudah langka, namun jika beruntung, Anda akan melihatnya terbang berputar-putar di langit biru Pondok Halimun. Tempat penginapan tidak tersedia banyak, ada 2 penginapan, yaitu Pondok Kabayan dan Pondok Kaliange, yang kapasitasnya juga tidak besar.
Di PH fasilitas yang tersedia tidak terlalu banyak.Ada beberapa warung yang menyediakan aneka makanan, seperti indomie, bakso, jagung bakar/rebus dan makanan ringan lainnya. Anda juga dapat merasakan dinginnya air Sungai Cipelang yang berada dekat pintu masuk Pondok Halimun dengan bebatuan yang besar, serta airnya yang bersih dan segar. Dari sini, Anda dapat melanjutkan lagi perjalanan dengan berjalan kaki ke atas untuk melihat air terjun Curug Cibeureum yang berjarak berkisar 2,5 KM atau menyewa sepeda motor pemilik warung dengan harga Rp. 35.000,- sekali trek atau Rp. 70.000,- pulang pergi, dengan jalan yang berbatu, menanjak dan berkelok-kelok menyusuri hutan kawasan TNGGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango).


Pantai Pelabuan Ratu



Pelabuhan Ratu adalah nama sebuah kecamatan di Sukabumi yang berjarak sekitar 60 km dari Kota Sukabumi, di daerah Pelabuhan Ratu ini terdapat beberapa pantai dengan berbagai karakter yang berbeda sehingga pengunjung bisa memilih pantai mana yang disukai untuk liburan. Pantai Pelabuhan Ratu ini merupakan pantai yang sangat terkenal di Sukabumi.




Pantai Palabuhanratu, atau lebih populer sebagai Pantai Pelabuhan Ratu, adalah sebuah tempat wisata di pesisir Samudra Hindiadi selatan Jawa Barat, Indonesia. Lokasinya terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi.
Pantai ini dikenal memiliki ombak yang sangat kuat dan karena itu berbahaya bagi perenang pantai. Topografinya berupa perpaduan antara pantai yang curam dan landai, tebing karang terjal, hempasan ombak, dan hutan cagar alam.
Karena tempat ini mempunyai daya tarik sendiri, Presiden Soekarno mendirikan tempat peristirahatannya pada tahun 1960 di Tenjo Resmi. Selain itu, atas inisiatif Soekarno pula didirikanlah Samudera Beach Hotel, salah satu hotel mewah pertama yang dibangun di Indonesia pada kurun waktu yang sama dengan Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel, dan Toko Serba Ada "Sarinah", yang kesemuanya menggunakan dana pampasan perang dari Jepang.

Fasilitas

Fasilitas Rekreasi


Fasilitas Umum dan Akomodas Selain hotel besar dan mewah Samudera Beach Hotel, di daerah ini terdapat pula sejumlah hotel dan losmen kecil, Pondok Dewata resor adalah salah satu villa mewah yang cukup laris dikunjungi wisatawan. Tidak berapa jauh dari Pantai Palabuhanratu terdapat beberapa lokasi wisata lainnya. Pantai Karang Hawu, yang letaknya sekitar 20 km dari pusat Kota Palabuhanratu, merupakan pantai karang yang menjorok ke laut dan berlubang di beberapa bagian itu. Bentuk karangnya lebih mirip tungku, dalam bahasa Sunda disebut "Hawu". Pantai-pantai lain yang terletak di daerah ini antara lain adalah Pantai Cibareno, Cimaja, Cibangban, Break Water, Citepus, Kebon Kelapa, dan Tenjo Resmi.
Fasilitas yang tersedia di Obyek Wisata Jawa Barat ini antara lain :
  1. Masjid
  2. Mushola
  3. Area Parkir yang cukup Luas
  4. Pelayanan pos, Telekomunikasi dan Money changer
  5. Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata
  6. Hotel dan Penginapan
  7. Kuda sewaan, Papan Seluncur sewaan dan Ban Renang sewaan
  8. Surfing
  9. Taman Bermain Anak
  10. Tempat Bersantai
  11. Warung Makan atau Restoran (Sea Food)
  12. Tim Penjaga/Penyelamat Pantai (SAR)
  13. Dan dilengkapi pula Peta Informasi Wisata.
Berbagai akomodasi Penginapan juga tersedia, dari kelas Losmen hingga Hotel Berbintang. Antara lain :
  1. Pondok Dewata
  2. Hotel Karang Sari
  3. Hotel Bunga Ayu
  4. Hotel Bayu Amrta
  5. Bukit Indah
  6. Mahessa Indah
  7. Padi - Padi Beach Resort
  8. Augusta Hotel
  9. Cleopatra Hotel
  10. Inna Samudera Beach Hotel
  11. Kumala Samudera
  12. Mustika Ratu
  13. Desa Resort and Spa
  14. Kasep & Geulis
  15. Pantai Mutiara Hotel
  16. Karang Hawu Permai
  17. Hotel Puri Sari
  18. Hotel Villas Lagusa
  19. Villa Zane
  20. Philita Villa
  21. Pondok Kencana Hotel & The Ombak Tujuh Pub
  22. Sukabumi Indah
  23. Karang Aji Beach Villa
Sekitar 17 km dari Pantai Palabuhanratu terdapat sumber air panas di Cisolok, yang airnya mengandung belerang yang tinggi dan berguna bagi kesehatan.
Di seputar Palabuhanratu, paling tidak ada sembilan titik lokasi untuk berselancar, yaitu di Batu Guram, Karang Sari, Samudra Beach, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh sampai Ujung Genteng. Masing-masing pantai mempunyai ombak dengan karakteristiknya sendiri.


Selintas Pantai Palabuhanratu



Pantai Palabuhanratu merupakan pantai yang memiliki keindahan panorama yang khas. Perpaduan antara pantai yang curam, pantai landai, karang terjal yang dilatar belakangi cagar alam hutan dan gunung serta sungai yang aliran derasnya dapat digunakan untuk arena arung jeram. Selain indah, pantai yang terletak sekitar 4 jam perjalanan darat dari Kota Hujan Bogor ini memiliki berbagai kelebihan di banding pantai - pantai lainnya di Indonesia. Obyek Wisata ini cukup terkenal sampai mancanegara berkat topografi panorama alamnya yang indah, udaranya yang sejuk, hamparan pasirnya yang luas, berupa perpaduan antara pantai yang begitu curam dan landai, tebing karang yang terjal, hampasan ombak, dan juga hutan cagar alam. Selain keindahan pantainya, Pantai Palabuhanratu juga memiliki beberapa keistimewaan lainnya, antara lain:
  • Dapat melihat terbenamnya matahari (sunset) dari Pantai Barat.
  • Pantainya landai dengan air yang bening.
  • Terdapat pantai dengan hamparan pasir yang lembut.
  • Memiliki tim penyelamat wisata pantai / tim Search And Rescue (SAR).
  • Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai.


Pantai Cibangban





Menikmati indahnya suasana pantai itu memang nagih. Di Sukabumi kamu bisa memilih pantai mana yang ingin kamu kunjungi karna di daerah ini terdapat beberapa pantai yang pesonanya sangat cantik. Salah satunya adalah pantai Cibangban. Lokasi pantai ini tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Ratu (sekitar 10 km) yang begitu terkenal di Sukabumi. Lokasi tepatnya, pantai ini berada di Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi

Pantai Cibangban adalah pantai yang sangat pas untuk kamu yang berasal dari luar kota dan ingin menikmati liburan yang sesungguhnya. Di sekitar pantai banyak terdapat cottage yang menghadap langsung ke laut sehingga suasanya sudah pasti keren

Pemandian Air panas - Cisolok





Tempat wisata ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang dipadati pengunjung pada saat hari libur, karena di sini terdapat beberapa obyek wisata menarik seperti pemandian air panas dan nuansa pedesaan yang dipadukan dengan pemandiannya yang akan jauh lebih menarik. Di sini juga terdapat tempat penginapan yang harganya cukup terjangkau, siapa tahu anda lelah dan perlu tempat penginapan anda bisa menginap di daerah sini.



Pantai Karang Hawu - Pelabuan Ratu





Pantai Karang Hawu terkenal karena cerita mistisnya. Hal semacam itu karena beberapa orang-orang berasumsi pantai ini juga sebagai tempat singgasana untuk Lara Kadita, putri Prabu Siliwangi, atau yang lebih popular dengan Nyi Roro Kidul. Persisnya, singgasananya terdapat diatas bukit karang yang menjorok ke lautan lepas Samudra Hindia.
Anda akan lihat karang serta tebing yang menjorok ke laut yang sampai saat ini masih tetap menjadi ciri khas pemandangan alam di pantai ini. Disebut Karanghawu lantaran di area pantai ini ada sebuah karang yang menjorok ke laut serta berlubang di beberapa bagiannya, yg membentuk seperti tungku (yang dalam bhs Sunda disebut dengan “hawu”).
Pesona alam pantai Karanghawu terkenal dengan hantaman ombaknya kala membentur tebing dapat menantang anda untuk menikmatinya. Diluar itu Pantai Karanghawu menawarkan pemandangan alam yang sangatlah eksotik, dengan udaranya yang sejuk, karang-karang yang memagari pantai, dan hamparan pasirnya yang luas serta lembut. Beragam kegiatan bisa Anda kerjakan disini, seperti berenang serta memancing yang kerap dilakukan setiap pagi serta menjelang sore tiba, dan aktivitas berselancar (surfing) tentunya.

Fasilitas dan Lokasi Pantai Kawang Hawu

Untuk menunjang segala aktifitas pengunjung, di Lokasi wisata ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap, antara lain :
  • Hotel
  • Mini Market
  • Warung Makan
  • Warung Telekomunikasi
  • Mushola
  • Tempat Parkir
  • Penyewaan peralatan Surfing
  • Kios-kios suvenir, buah-buahan dll.

Pantai ini terletak di Propinsi Jawa Barat tepatnya Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Pantai Citepus


Pantai Citepus merupakan bagian dari Kecamatan Pelabuhan Ratu, berjarak sekitar 60 km dari kota Sukabumi, dan diperuntukan untuk wisata pantai dikarenakan kondisi dasar pantai yang cukup aman dan kondisi ombak yang relatif Kecil, biasanya pada waktu libur sekolah banyak sekali wisatawan dari Sukabumi ataupun dari luar kota yang mengunjungi pantai Citepus.

Transportasi
Untuk anda yang hendak berwisata ke Pantai Citepus dengan kendaraan umum anda bisa naik bus jurusan Cisolok dari terminal sukabumi kemudian sambung menggunaan angkot unuk sampai ke lokasi, atau anda yang datang dari arah Jakarta anda berhenti di Cibadak kemudian naik bus yang menuju Cisolok.

Jika anda dari arah Jakarta perlu anda perhatikan ketika sampai di Cibadak ambil jalan belok kanan yang menuju pantai Pelabuhan Ratu, untuk anda yang datang dari arah Bandung anda bisa menggunkan jalan pelabuhan dua yang kondisi lalu lintasnya relatif lancar.

Fasilitas
Ada banyak hotel atuapun guest host yang terdapat di sekitaran pantai Citepus, untuk tarif cukup murah ada yang sekitar 200rb per malam anda sudah bisa mneginap dengan nyaman, terdapat pula Hotel Bintang yang tersedia tidak jauh dari lokasi pantai Citepus.

Di sekitar pantai citepus terdapat tempat makan yang tentunya dengan menu utama seafood entah itu berupa lesehan, atau dengan konsep restoran, untuk tempat makan dengan model lesehan rata-rata pemandangan langsung ke pantai tentunya ini menjadi nilai tambah.

Untuk fasilits lainnya terdapat pula MCK, mushala, tempat parkir. Dimalam hari anda pun bisa menikmati suasana pantai masih tetap menarik untuk dinikmati, terutama jika malam pergantian tahun akan sangata ramai sekali.

Kampung Ciptagelar



Kampung ini memiliki adat istiadat turun temurun dari 650 tahun yang lalu dan masih ada hingga sekarang. Perjalanan yang akan Anda tempuh untuk merasakan wisata ini cukup jauh dan sulit. Namun, semua itu sebanding dengan apa yang akan didapat dari wisata ini. Pengalaman unik dan berkesan akan diberikan oleh wisata ini.

Cicatih



Sungai ini biasanya digunakan untuk olahraga arung jeram sama seperti sungai Citarik. Namun, yang berbeda adalah sungai Cicatih mempunyai arus yang lebih deras serta jalur yang lebih lebar dan panjang sehingga sangat cocok bagi para petualangan yang ingin merasakan adrenalin mengarungi sungai. Apabila Anda baru  pertama kali bermain arung jeram maka pilihlah sungai Citarik terlebih dahulu karena sungai ini memiliki cukup banyak tantangan.

Sungai Citarik



Sungai ini cukup terkenal sebagai tempat wisata di Sukabumi. Banyak permainan yang dapat dimainkan disini, yakni flying fox, paint ball, arung jeram, team building, dan masih banyak lagi. Biasanya, sungai ini digunakan untuk tempat rekreasi perusahaan karena beberapa permainan mengasah kemampuan kerja kelompok. Namun, bagi Anda yang ingin datang dengan sedikit orang tak usah khawatir. Pengunjung sungai ini cukup banyak sehingga Anda dapat bermain dengan orang lain secara beramai-ramai.


Curug Cikaso




Curug Cikaso berada di Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Curug ini berada tidak jauh dari kawasan wisata ujung genteng, jadi setelah anda menikmati pantai ujung genteng anda bisa menuju ke Curug Cikaso maupun sebaliknya. Dari lokasi parkir anda bisa menuju ke Curug Cikaso dengan dua pilihan yaitu menggunakan perahu atau dengan berjalan kaki.


Pantai Ujung Genteng



Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu primadona tempat wisata di Sukabumi yang sangat menarik untuk dikunjungi, Pantai ini berada di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Pantai Ujung Genteng di Sukabumi memiliki pasir pantai berwarna putih, jika anda menyusuri pantai tepi pantai anda akan menemukan tempat penangkaran penyu dan setiap malam penyu tersebut naik ke pantai untuk bertelur.

Geopark Ciletuh




                                                                  curug cimarinjing

Geopark Ciletuh merupakan tempat wisata di Sukabumi yang masih dalam tahap pengembangan, kawasan wisata Geopark Ciletuh ini lokasinya berada di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Geopark Ciletuh menawarkan beberapa wisata yang menarik seperti air terjun, pantai, dan pemandangan alam yang menakjubkan untuk dikunjungi.

                

Curug Sodong



Curug Sodong atau Curug Penganten ini terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Aksesnya terbilang baik dengan jalan yang sudah beraspal. Saat mengunjungi tempat ini kamu akan disuguhkan pemandangan sawah yang masih sangat asri. Karena airnya yang bersih, Curug Sondong sering dijadikan lokasi untuk melakukan aktivitas kemah. Oh ya, ketika mandi di sini harap berhati-hati ya, karena kontur tanah di bawahgrujugan airnya tak stabil. 



Hamparan Lautan di Puncak Darma - Ciemas



Puncak Darma terletak di Desa Girimukti, Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Memiliki ketinggian 230 mdpl. Untuk mencapainya kamu akan memakan waktu tempuh sekitar 2 jam-an. Yang menarik dari tempat ini adalah; di seperempat awal perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan desa-desa dan pohon-pohon yang rindang. Ada juga perkebunan lengkuas, kunyit, jahe dan cengkeh. Percayalah, rasa bosan tidak akan kamu rasakan saat mengunjungi Puncak Darma.



Sumber  :  Admin
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

+ komentar + 1 komentar

14 Desember 2016 17.45

Wisata alam dan pantai Sukabumi

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. NisaRentalMobilSukabumi.Com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger