" Nisa Rental Mobil Sukabumi - Rental mobil terpercaya di Sukabumi

Aneka Kuliner Sukabumi

0 komentar

           Kota Sukabumi di Jawa Barat menyimpan aneka hidangan kuliner yang lezat. Kota sejuk ini
juga memiliki makanan khas yang telah puluhan tahun dijajakan dan mendapat tempat di hati para penggemarnya. Berikut ini aneka makanan kreasi dapur Sukabumi plus tempat makan yang direkomendasikan.
Nasi Uduk Ungu
Sementara nasi uduk umumnya berwarna putih, di resto ini disulap menjadi ungu. Walhasil, penampilannya menjadi unik dan menarik. Lantas, dari mana warna ungu itu? Warna tersebut ternyata berasal dari buah bit dan ubi. Kandungan gizi yang terdapat pada umbi-umbian itu menjadi nilai tambah tersendiri untuk sajian ini.
Menu andalan ini disajikan dengan ayam (kampung) goreng, tahu, tempe, lalap, dan sambal serta telur dadar tipis sebagai alasnya. Satu porsi nasi uduk ungu spesial ini dapat dinikmati dengan harga Rp 23 ribu per porsi. Untuk yang hanya memilih ayam negeri hanya Rp 17.500 per porsi. Tempat ini juga menawarkan satu menu unik lain, seperti Nasi Uduk Ijo, yang menggunakan cabai hijau sebagai pewarna alaminya.
Mamih Ungu Resto
Jalan Brawijaya No. 16
Sukabumi
Buka pukul 10.00-22.00
Bubur Ayam Campur Telur
Rasanya belum lengkap jika datang ke Sukabumi tapi belum menikmati bubur ayamnya. Ya… bubur ayam tanpa disadari telah menjadi ikon kota tersebut. Di sepanjang jalan, saya relatif mudah menemukan penjual bubur ayam khas Sukabumi. Namun bubur yang konon kondang justru datang dari rumah makan ini.
Dalam setiap mangkoknya, Bubur Ayam Bunut Spesial dikreasikan dengan ati ampela, usus, dan telur muda. Sayangnya, rasa anyir dari telur tumisnya terlalu mendominasi menu seharga Rp 15 ribu per porsi ini. Kroket andalan seharga Rp 1.500 per potong juga rasanya tak terlalu wow. Tapi harus diakui porsinya cukup mengenyangkan.
Pusat Bubur Ayam Bunut
Jalan Siliwangi No. 93
Sukabumi
Buka pukul 06.00-22.30
Sekoteng Modifikasi
Bila malam tiba di Sukabumi dan hawa sejuk sudah mulai menyapa, mungkin minuman hangat bisa menjadi pilihan. Ada beberapa jenis minuman yang dapat dinikmati. Salah satunya sekoteng Singapore. Menurut pemiliknya, minuman ini memang berasal dari Negeri Singa itu. Namun rasanya sudah dimodifikasi dan disesuaikan dengan lidah Indonesia.
Isi setiap mangkoknya cukup ramai. Ada roti, biskuit, mutiara, kolang-kaling, kacang hijau, jali (polong-polongan), dan tangkwe (sejenis labu). Kuahnya terdiri atas bahan jahe dan pandan yang diberi susu kental manis. Dalam penyajiannya disertakan pula secangkir kecil teh pahit untuk menetralkan rasa manis berlebih. Harga per porsinya hanya Rp 9.000.
Sekoteng Singapore
Jalan Ahmad Yani (Teras Pertokoan)
Sukabumi
Buka pukul 17.00-23.00
Wedang Paris
Warung-warung tenda bermunculan di teras-teras pertokoan saat malam tiba di Kota Sukabumi. Di depan kawasan Kota Paris, Anda bisa menemukan sebuah warung yang menjajakan wedang ronde. Mungkin karena lokasinya itulah tempat ini dikenal dengan nama Wedang Paris.
Wedang ronde yang disajikan dalam mangkok ini berisikan mochi—kue dari ketan—tanpa isi dan taburan kacang tanah dengan kuah jahe. Rasa jahenya kurang menghangatkan untuk menu seharga Rp 7.500 per mangkok. Di tempat ini dijual pula jakur (jahe-kencur) seharga Rp 7.500 per gelas.
Wedang Ronde Paradise
Jalan Ahmad Yani No. 319 (depan Salon Paradise)
Sukabumi
Buka pukul 17.00-23.00
Bandros Trotoar
Tempat penjual bandros di Sukabumi ini rasanya lebih pantas dijuluki “Bandros Trotoar”. Betapa tidak, Bandros Ata—begitu namanya—berdiri di trotoar di Jalan Gudang, Sukabumi. Penggemar bandros sering memenuhi trotoar di sekitar warung itu sepanjang malam hingga menjelang dinihari.
Mungkin jam buka usahanya yang dimulai dari malam hingga subuh itu menjadikan tempat ini asyik untuk nongkrong. Berbeda dengan bandros di kota lain, bandros di tempat ini sekilas mirip dengan kue pukis, tapi empuk di bagian atas dan garing di bagian bawahnya. Penganan ini sepertinya memang tepat dijadikan sebagai teman kongko di tengah malam. Harganya hanya Rp 8.000 per satu cetakan.
Bandros Ata
Jalan Gudang No. 4
Sukabumi
Buka pukul 20.30-06.00
Surabi Kapinis (kapinisresto.com)
sebuah restoran ala Sunda dengan menyajikan makanan khas Sukabumi Parahyangan. Dengan konsep restoran ruang terbuka (outdoor) menjadikan Kapinis Resto berbeda dari segi suasana, kenyamanan, dan citarasa masakannya sendiri. Yang membuat Restoran yang terletak di Kecamata Warungkiara, Sukabumi ini unik dan asik buat tongkrongan selain suasana outdoor, Kapinis Resto menyediakan layanan permainan Paintball di area belakang restoran.
Kapinis Resto memiliki area lapangan parkir yang luas, karena disini juga dijadikan sebagai lokasi Meeting Point kegiatan Arung Jeram. Ya, Kapinis Resto adalah mitra kerja dari perusahaan penyedia layanan arung jeram Niagara Adventure.  Lokasi Niagara Adventure sendiri tidak jauh, sekitar 15 menit dari Kapinis Resto. Bagi Anda yang ingin mencicipi masakan Sukabumi sekaligus menikmati wisata alamnya yang sejuk, bertempur di arena Paintball, serta bermain air di sungai Citatih di atas perahu karet. Kapinis Resto lah pilihan yang tepat untuk menikmati semua layanan dalam di satu waktu, di satu tempat.
Kapinis Resto
Jl. Pelabuhan Ratu KM 27
Sukabumi, Buka pukul 08.00-22.00

Sumber : Admint 
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. RentalMobilSukabumi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger