" Nisa Rental Mobil Sukabumi - Rental mobil terpercaya di Sukabumi

Jajanan khas kota sukabumi

2komentar

KUE  MOCHI  KASWARI - SUKABUMI

Mochi Lampion, sebenernya dah banyak merk mochi di Sukabumi, dan mochi sendiri dah jadi semacam trademark jajanan yang wajib dijadikan oleh-oleh bagi orang yang ke Sukabumi. Mochi Lampion selain karena emang pioner dalam menjual mochi, rasa dan kualitas mochi juga jadi jaminan mutu, walau memang punya harga yang cukup tinggi jauh dari mochi-mochi merk lain di Sukabumi. Mochi Lampion berada di Jl Kaswari, jauh berada di Gang sempit namun memiliki pembeli loyal yang rela menyusuri jalan sempit tersebut.

Sejarah kue mochi ini sudah terbilang cukup lama karena, Kue mochi Lampion sudah terkenal sejak berdiri tahun 1983,tempat perdagangan dan pabrik si hijau ini berlokasi di Jl. Bhayangkara Gg. Kaswari II No.19 Kota Sukabumi, dan merupakan pabrik mochi pertama yang ada di Kaswari dan tidak membuka cabang, kemudian baru disusul dengan ke empat pabrik mochi lainnya, seperti Mochi Kharisma, Mochi Mandiri, Mochi Bakat Jaya, Mochi PD Mandiri. kesemuanya ini termasuk dalam usaha rumah tangga (home industri).



Mochi kenari
moci
                  Moci Kenari
Sesuai dg tempat yg jualannya maka namanya Moci kenari, ini merupakan
oleh oleh khas Kota Sukabumi dan rasanya enak banget .Pas bgt bwt oleh oleh kalau sehabis dari Sukabumi. biasanya kalau mau beli moci gg kenari harus pesan terlebih dahulu,alamatnya di daerah bayangkara, Gg. Kenari - Sukabumi.

Mochi pandawa,

Alamatnya di jln pelabuan 2, Gg. Arjuna kota sukabumi tlp 0266220708,
makanannya Halal.
 Selain menjual disana mereka menerima pesanan juga, jadi klo ada yg dari luar kota pengen makan kue mochi nya tinggal tlpon aja ke nomor (0266)220708..pasti puas & langsung di anterin ke Lokasi.

Abon dan Dendeng H Anung/ Cucu


ASLI SUKABUMI: Abon dan dendeng merek Cucu merupakan warisan keluarga besar H Anung produsen abon di Sukabumi. HERRYFEBRIYANTO/SEPERTIINI.COM
    Abon dan dendeng merek Cucu merupakan warisan keluarga besar H Anung produsen abon di Kota Sukabumi.

Ada beberapa jenis abon yang ditawarkan seperti abon ayam dan sapi. Lalu produk lainnya seperti paru goreng dan dendeng pedas.
“Dendeng pedas paling favorit dan diminati pembeli,” ujar sales marketing abon dan dendeng CUCU, Fani, saat berjualan di area car free day Jl. R. Syamsudin, SH, Kota Sukabumi.
Lokasi produksinya sendiri ada di Gg Satria jalan pelabuhan II, Sukabumi.
Harganya sangat terjangkau di kantong kita. Abon, paru dan dendeng pedas dijual Rp28 ribu per ons dan Rp280 ribu per kilogram.

Piscok Cakra – beda


Setelah kenyang dan puas di warung Mang ONI, untuk desert… ceilehh… kita memilih yang manis-manis. Kebetulan di seberang jalan warung Mang Oni adalah toserba Tiara, dimana di salah satu sudut pelatarannya ada Piscok Cakra, maka kita putuskan untuk kesitu.
SAM_0734
SAM_0736
Karena tujuan utamanya adalah untuk icip-icip doank, ya kita pesannya cuma seporsi piscok keju aja buat dimakan berame-rame 4 orang (bilang aja buat ngirit, red).
SAM_0741
Cerita lengkap tentang piscok cakra ini pernah saya ulas sebelumnya. Tagline piscok ini adalah cokelatnya meledak di mulut, yang memang isian coklat cairnya yang lumayan banyak untuk per gulungan piscoknya. Manisnya coklat cair tersebut berpadu sempurna dengan pisang dengan tingkat kematangan yang pas dan gurihnya parutan keju.
Anda harus coba!


Pepes Ikan Mas Ibu Tatty
pepes
ada tempat namanya Pepes Ikan Mas Ibu Tatty,
di Jl. Gotong Royong, Villa Ibu Tatty, Tegalpari No.64, 02/08. Telp 0266-7091705,
yang jualan Pepes Ikan Mas Duri Lunak.
makanannya Halal. Akhirnya ada juga alternatif oleh-oleh lain dari Sukabumi selain mochi. Pepes ikan Mas duri Lunak Ibu Tatty, sudah pasti durinya lunak. Katanya, tidak dengan cara dipresto tapi dikukus 12 jam !!!!Rasanya mak nyus 100X!!!Ngalahin pepes ikan yg lainnya. Kemasannya dengan desain yang cantik, pokoknya bangga kalo bawa atau ngirimin oleh-oleh ini dari Sukabumi.High recommended!!!

Rumah " kue Cantigi
ada tempat namanya Rumahkue Cantigi,
kkue cantigi
kkue cantigi
di Jl.Siliwangi gg. H. Maksudi No. 19 Sukabumi Telp. 21332,
yang jualan aneka kue kering dan kue basah khas cantigi sukabumi.
makanannya Halal.
disana Ada aneka kue basah (tapi musti pesen dulu) dan aneka kue kering dari yang rasa asin ampe maniss punya. enak. gurih. nikmat. ga kalah sama kota-kota lain. pas buat snack sore hari juga buat oleh-oleh

Bubur Ayam " Mang Goler

ada tempat namanya bubur ayan mang goler,
di jl Raya sukabumi Ciaul atau perapatan lampu merah ciaul,
makanannya Halal.
karena rasanya yang beda,banyak pengunjung yang datang kembali hanya untuk menikmati bubur ayam mang goler

Bolu pisang " Alam Jaya

ada tempat namanya bolu pisang ALAM JAYA,
bolu
bolu
di sukaraja jalan keterminal cimuncang ,
makanannya Halal.
oleh-oleh yang beda dari sukabumi bolu pisang rasanya beda dari yang lain bolu gulung dan bolu blue band benar benar resep rumahan yang asli


BOLU ONIH
ada tempat namanya BOLU ONIH,
di JLRAYA SUKARAJA,
yang jualan MACAM2 BOLU.
makanannya Halal.
disini banyak tersedia farian rasa bolu,seperti bolu pisang dan ada juga yang khas yaitu chifon cake ketan hitam, dan masih banyak rasa lain.




    kita telusuri lagi satu persatu jajanan lainnya dan lebih uniknya lagi memiliki jam "tayang" yang berbeda  antar jajanan satu dengan lainnya.


1. Bandros Mang ATA


Bandros ATA, mungkin di setiap kota di Jawa Barat terdapat jajanan yang namanya bandros, tapi Sukabumi punya ke khas-an tersendiri. Bandros yang ada dijalan Jakse ini memang primadona para pecinta kuliner yang sedang ada di Sukabumi. Memiliki jam operasional mulai pukul 11 malam hingga dini hari, dan berada di trotoar jalan yang tentu saja dipadati di jam tersebut hingga antri untuk merasakan kelejatan bandros. 
Bandros ini terletak dipinggir jalan, trotoar JL. Gudang no. 4. Makan mulai dijual dari jam 20.30 s/d 06.00. Jam bukanya yang malam sampai dengan subuh ini menjadikan tempat ini asik dijadikan tempat nongkrong. Jangan banyak berharap tempat ini sepi sampai jam 00.00, karena selalu ramai didatangi pengunjung. Gimana ga asik, malem-malem nikmatin dinginnya sukabumi makan bandros yang lembut di bagian atas n garing dibagian bawahnya. Dari testimoni pelangga setis sejak dia masih kecil atau 35th yang lalu, rasa bandros ini sangat berbeda dengan yang dijual ditempat lain. tekstur bagian atas yang lembut dan bagian bawah yang garing dan kering cuma bisa ditemukan di warung bandros Pa Ata. 

menikmati bandros dengan segelas teh hangat dimalam hari memang sangat lezat, ditambah harganya yang miring menjadi alasan untuk datang dan icip-icip. Satu papan Bandros seharga Rp. 5000,- dan tehnya Rp. 2.500. Uniknya tidak seperti teh yang biasa diminum di rumah makan Jakarta, teh yang dijual menggunakan daun teh asli, warnanya tidak kental, agak kehijauan dan dibuat tidak terlalu manis. Teh dan bandros merupakan gabungan yang sangat pas. Senang bisa merasakan jajanan tradisional yang rasa-rasanya mulai hilang tergerus zaman Seve* dengan minuman warna-warni dan aneka hot dog dan nachos. jadi, Kalau temen-temen berkunjung kesana, janagan lupa Dateng ke tempat ini yaa untuk icip-icip..Maju Terus Masakan Tradisional, siipp !. 

2. Mochi 


Mochi Lampion, sebenernya dah banyak merk mochi di Sukabumi, dan mochi sendiri dah jadi semacam trademark jajanan yang wajib dijadikan oleh-oleh bagi orang yang ke Sukabumi. Mochi Lampion selain karena emang pioner dalam menjual mochi, rasa dan kualitas mochi juga jadi jaminan mutu, walau memang punya harga yang cukup tinggi jauh dari mochi-mochi merk lain di Sukabumi. Mochi Lampion berada di Jl Kaswari, jauh berada di Gang sempit namun memiliki pembeli loyal yang rela menyusuri jalan sempit tersebut.

Sejarah kue mochi ini sudah terbilang cukup lama karena, Kue mochi Lampion sudah terkenal sejak berdiri tahun 1983,tempat perdagangan dan pabrik si hijau ini berlokasi di Jl. Bhayangkara Gg. Kaswari II No.19 Kota Sukabumi, dan merupakan pabrik mochi pertama yang ada di Kaswari dan tidak membuka cabang, kemudian baru disusul dengan ke empat pabrik mochi lainnya, seperti Mochi Kharisma, Mochi Mandiri, Mochi Bakat Jaya, Mochi PD Mandiri. kesemuanya ini termasuk dalam usaha rumah tangga (home industri).


3. Tutug Oncom


Salah satu hidden gem di kota Sukabumi adalah Angkringan Kota Paris. 

Baru dibuka kurang lebih setahun terakhir, angkringan yang terletak tepat di pelataran BCA Kota Paris ini selalu ramai dengan pengunjung. Alasannya sih karena makanan-minuman yang ditawarkan bervariasi, enak dan MURAH. Jadi kemarin malam, saya dan teman-teman kantor pergi kesana setelah sekian lama nggak mampir.

Bandrek kota Paris, sebenernya yang dijual bukan hanya bandrek. Di lokasi jajanan malam itu ada , soto, tahu peletok, sekoteng dan jajanan khas malam hari lainnya. Berada di jalan Ahmad Yani dibuka disetiap malam mulai pukul 7, namun selalu libur di malam selasa. 
 Harganya Murah , jadi Cocok banget buat karyawan kalo lagi akhir bulan dan kantongnya udah pada cekak. Selain menu diatas, ada juga menu-menu lainnya seperti pisang pandan, pempek, tahu aci, susu murni, bandrek dan lain-lain. Sangat mendukung sekali kalo mau pesen banyak menu, secara harganya murah, jadi kalo pesen banyak juga nggak terlalu bikin bokek kali ya.
Kalo mau datang kesini, angkringannya baru buka setelah magrib sampai malam. Saya kurang tahu sampai jam berapa, cuma kalo kata teman saya, biasanya jam 9 udah pada abis makanannya. Jadi kalo bisa datang sebelum itu. Terus, angkringan ini juga tutup setiap hari Selasa, tapi hari lainnya selalu buka.
Jadi kata siapa kalo ke angkringan cuma harus ke Yogya? Sukabumi juga ada!

4. Geco



Sukabumi tak hanya terkenal dengan moci atau pariwisatanya saja. ternyata Sukabumi pun menjadi incaran para pecinta kuliner. Contohnya saja Toge tauco (Geco) yang ada di Jl. Jend. Sudirman yang berhadapan dengan Rumah Sakit As-Syifa, ini adalah salah satu tempat favorit untuk sarapan pagi. Setiap pagi pemilik Geco sibuk membuat pesanan para pembeli, ada yang di bungkus atau dimakan ditempat. Meski tempatnya dipinggir jalan, tak mengurungkan semangat pembeli untuk ikut merasakan jajanan Sukabumi yang lezat ini, dengan sekejap GeCo ini habis diburu para pecinta kuliner.

Harga Rp. 7000/porsi ini membuat kuliner ini termasuk kedalam kuliner dengan har ga Ekonomis Hahaahah . .. 


5. Bubur Ayam Bunut



Tak Sekedar Menyajikan Bubur Ayam Khas Sukabumi, Bubur Ayam Bunut Membawa Nuansa Sukabumi kepada siapa saja yang datang ke kota ini. Kesannya, Belum Ke Sukabumi Jika Belum ke Bubur Ayam Bunut….

Rumah Makan Bubur Ayam Bunut Sukabumi seperti nama nya memiliki menu khas yaitu Bubur Ayam, 


Tulang Ayam dan Keroket yang cita rasa aslinya tetap terjaga sejak 30 tahun yang lalu. Selain Bubur Ayam, kami menyediakan beraneka ragam menu lainnya yang akan menggoyang lidah Anda, seperti seperti Sop Buntut Sapi, Nasi Timbel Komplit, Sop Iga, Sop Kaki, bermacam-macam nasi goreng, Roti bakar, Pisang Bakar, dll. Kami juga memiliki berbagai macam minuman khas, seperti Teh Tarik Rempah, Bandrek dan Bajigur serta bermacam-macam minuman lainnya yang dijamin akan menambah kaya pengalaman kuliner Anda di Rumah Makan kami.
Rumah Makan Bubur Ayam Bunut memadukan konsep modern tradisional, dimana pelanggan bisa memilih ruang makan bergaya modern (indoor) atau ruang makan bergaya tradisional dengan konsep saung bambu (outdoor) lengkap dengan Lesehan.

Lokasinya yang berada di daerah dataran tinggi, membuat RM Bubur Ayam Bunut memiliki daya tarik tersendiri karena udaranya yang sejuk. Didukung oleh letaknya yang tidak jauh dari beberapa kawasan wisata alam seperti, taman wisata alam Gunung Gede,  Selabintana, Wisata Arung Jeram Citarik, dan Pantai Pelabuhan Ratu yang sangat terkenal dan menjadi ikon wisata provinsi Jawa.

6.  Toko Rotan,

di Jalan Ciwangi no. 30,
yang jualan Aneka Snack.
makanannya Halal.
Katanya sih, ...Sebetulnya itu toko mebel, tapi disitu ada snack corner untuk oleh-oleh. salah satunya abon sapi yang terkenal dari tahun 1970an. Selain itu ada juga kripik kentang, kue ketapang, roti tawar yang kecil2 imut, dan ada juga keripik beras. Pokoknya rasanya enak semua lah, cocok buat yang mau bawa oleh2 pulang dari Sukabumi. Nb: abon sapinya udah melanglang buana ke luar negeri segala lho...

 

7.  Home Made Rengginang ibu Holidah,

di Komp.Assalafiyah
Kp.Babakan Tipar Rt.05/02 No.25
Cimahi Cantayan Sukabumi
Order/delivery: sms.087771137009,
yang jualan Rengginang ibu Holidah.
makanannya Halal.
Katanya sih, ...Rengginang Beukah, Renyah so pasti Gurih
Kalo kata org sukabumi "Raos Pissaan"
Beda sm rengginang yg lain,
Cocok banget buat oleh-oleh khas,
Order/delivery via sms. 087771137009

  8.  Brownies Syahira,

di Suka mangkal di jalur dan dago bisa pesen antar,
yang jualan Brownies kukus, Brofin, Cup cake.
makanannya Halal.
Katanya sih, ...Brownies Kukus nya mantap banget daaahhh... Asli jauh lebih enak dari merk terkenal yang sudah pernah saya coba di Bandung. Rasa coklatnya berasa banget.

9.  Home industri Babakan,

di Kp.Babakan Tipar Assalafiyah No. 25
Rt.05/02 Cimahi Cantayan Sukabumi,
yang jualan Rengginang.
makanannya Halal.
Katanya sih, ...Home industri banget, Ramah asik tempatnya ..
Rengginangnya Gurih, Renyah dan Beukah beda deh sm yg lain.
Raos Pissan ... 


  10.  CIAUL SAGON BAKAR,

Alamat di: Jl. Ciaul Baru no.16 Rt.001/007 Kel.Subang Jaya Kec. Cikole Kota Sukabumi-West Java 43151,
yang jualan SAGON DAN ANEKA MAKANAN CEMILAN DARI BAHAN ORGANIK.
makanannya Halal.
Katanya sih, ...Kue sagon Bakar produksi kami ini terbuat dari bahan-bahan pilihan yg berkualitas,sehingga kue Sagon kami memiliki beberapa keunggulan di bandingkan dengan kue yg sejenis yang ada di pasaran.
Sagon yang kami produksi memiliki keunggulan di Tekstur dan Rasa.
Tekstur kue lebih renyah,gurih & rasa manis yang pas di lidah,karena kami menggunakan bahan & kelapa pilihan & tanpa memakai bahan pengawet Kimia.

Kue ini baik di konsumsi untuk orang-orang yang alergi akan GLUTEN/ Terigu,dan yang sedang melakukan diet rendah lemak,karena lemak kelapa yg ada dalam adonan berkurang karena proses pengovenan yang pas dan terbuat dari tepung Casava.

Kue ini sangat pas di sajikan pada saat santai dengan Teh tawar panas,Kopi atau Bandrek.
SB " CIAUL" cocok di jadikan untuk Oleh-oleh dari Sukabumi,sebab Kue ini sdh menjadi salah satu produk unggulan yang berasal dari KOTA SUKABUMI.

Selain Sagon Bakar,kami juga menyediakan Sagon Bubuk.
Sagon Bakar ini memiliki 2 pilihan rasa :
1. Sagon rasa ORIGINAL ( produk Unggulan )
2. Sagon rasa KEJU



    Nah Itu dia penampakan mengena kUliner yang ada di Kota Sukabumi Tercinta kita,
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

+ komentar + 2 komentar

15 Februari 2016 03.47

Mantap

15 Februari 2016 03.48

Mantap

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. NisaRentalMobilSukabumi.Com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger